Buku Bangkit Dan Runtuhnya Bangsa Mongol

Buku Bangkit Dan Runtuhnya Bangsa Mongol

Buku Bangkit Dan Runtuhnya Bangsa MongolKode: BK2112
Harga:
Rp. 145.000
Rp. 116.000 (Diskon)
Penerbit: Pustaka al-Kautsar
Penulis: Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi

Tebal: 716 Halaman
Berat: 1,1 Kg, Hard Cover
Ukuran: 15,5 cm x 25 cm
Judul Kitab Asli: Al-Mughul Baina Al-Instisyar wa Al-Inkisar

Resensi:

Segala puji hanya milik Allah Rabb semesta alam. Buku ini akan mengupas tuntas tentang sejarah bangsa mongol, sejak bangkit hingga runtuhnya termasuk penaklukan bangsa mongol terhadap baghdad, berikut di antara isinya:

***

2. Mengenal Bangsa Mongol

Bangsa Mongol mulai dikenal dalam sejarah dunia pada akhir abad ke-6 H atau abad ke 12 M. Tidak lama setelah itu mereka menjelma menjadi bangsa yang sangat dikenal secara global dengan kekuatan dan kebengisannya, meskipun berada di luar Tanah Airnya, yaitu Mongolia.

Dalam jangka waktu dua dekade saja, tepatnya dari abad ke-7 h/abad ke-12 M, mereka sudah mampu membangun kekaisaran terbesar di seluruh dunia yang pernah tercatat dalam sejarah kehidupan manusia, dalam jangka waktu yang sangat singkat. Wilayah yang tercatat (plus tiga dekade selanjutnya) dapat mereka taklukkan antara lain: Kepulauan Jepang dan wilayah Samudera Pasifik dari sisi timur, sampai pedalaman benua Eropa dari sisi barat, lalu ke Siberia dan kawasan Baltic dari sisi utara, hingga sampai bagian utara Jazirah Arab, Palestina, dan Syamdari sisi selatan.

Banyak dari ahli sejarah bahgsa Arab terdahulu menyebut bangsa Mongol sebagai bangsa Tatar (Tartar). Bahkan sebutan itu juga masih digunakan oleh sebagian besar ahli sejarah yang lebih modern. Tak hanya itu saja, ahli sejarah dari Eropa pun banyak yang menggunakan sebutan yang keliru itu. Hanya sejarawan ternama saja yang tidak menggunakannya, semisal Berthold dari Rusia, Spuler dari Jerman, Boyle dari Inggris dan beberapa sejahrawan lainnya. Mereka menguraikan dengan lugas perbedaan antara Tatar dan Mongol, sebagaimana ditulis oleh ahli sejarah muslim, Rasyiduddin, pada bukunya yang terkenal ‘Jami’ At-Tawarikh’.

***

Buku Bangkit Dan Runtuhnya Bangsa Mongol Cover

Buku Bangkit Dan Runtuhnya Bangsa Mongol Cover 2

Buku Bangkit Dan Runtuhnya Bangsa Mongol Daftar Isi

Buku Bangkit Dan Runtuhnya Bangsa Mongol Isi

Related Post

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 2 =