Buku Bangkit Dan Runtuhnya Daulah Zankiyah

Buku Bangkit Dan Runtuhnya Daulah Zankiyah

Buku Bangkit Dan Runtuhnya Daulah ZankiyahKode: BK2618
Harga: Rp. 210.000
Rp. 168.000 (diskon)
Penulis: Prof.DR. Ali Muhammad Ash-Shallabi
Penerbit: Pustaka Al-Kautsar

Ukuran: 16 cm x 24,5 cm
Cover: Hard Cover
Berat: 1.400 Gram
Tebal: 942 halaman

Resensi:
Segala puji hanya milik Allah Rabb semesta alam dan shalawat serta salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Buku,”Bangkit & Runtuhnya Daulah Zankiyah” ini, ditulis oleh seorang ulama dan ahli sejarah, DR Ali Muhammad Ash-Shallabi, beliau membahas tentang asal usul Daulah Zankiyah, hubungannya dengan kekhalifahan Bani Abbasiyah dan Bani Saljuk, perjuangan mereka melawan pasukan Salib dan Daulah Fathimiyah yang berhaluan syiah, Peran Syaikh Abdul Qadir Jailani dan ulama lainnya dalam mengobarkan api jihad pada masa itu, faktor-faktor yang mendorong Daulah Zankiyah bangkit lalu kemudian runtuh, serta beragam tema menarik lainnya. Tak pelak, kehadiran buku ini dapat memenuhi dahaga para pencinta sejarah Islam.
Daulah Zakniyah merupakan bagian sejarah Islam yang tidak boleh dilupakan. Sebab ia merupakan kelengkapan sejarah Islam yang sudah ada sebelumnya. Di antara raja-raja muslim shaleh yang memimpin Daulah Zankiyah; Aq Sunqur, Imadudin Zanki, Nurudin Zanki, Saifun Ghazi, dll, mereka adalah orang-orang besar tang sudah membuat sejarah besar.

Banyak yang tidak terlalu mengenal raja-raja muslim itu, karena mereka todak melakukan penaklukan spektakuler terhadap wilayah  musuh seperti yang dilakukan oleh Muhammad Al-Fatih terhadap Konstantinopel atau Shalahuddin Al-Ayyubi terhadap Al-Quds. Tetapi apa mereka lakukan boleh jadi penting. Sebab merekalah yang meletakkan dasar-dasar kemenangan bagi Shalahuddin Al-Ayyubi setelah 13 tahun kemudian ia bisa membebaskan Al-Quds.

Pengakuan akan Kebesaran mereka pernah ditulis Ibnu Al-Atsir, seorang sejarawan Islam,”Aku telah meneliti sejarah para raja Islam zaman dahulu hingga hari ini. Aku tidak menemukan, setelah Khulafaurrasyidin dan Umar bin Abdul Aziz, yang lebih baik prilakunya darpada raja yang adil Nuruddin Zanki, tidak ada yang lebih berusaha keras untuk berbuat adil dan insaf darpada dia. Malam dan siangnya pendek untuk keadilan yang disebarkannya, jihad yang dipersiapkannya, kezhaliman yang dihapusnya, ibadah yang dilakukannya, prilaku baik yang dilakukannya dan kenikmatan yang diberikannya…”

 

Selamat Membaca.!!!

Semoga bermanfaat.

*****

Buku Bangkit Dan Runtuhnya Daulah Zankiyah cover 2
Buku Bangkit Dan Runtuhnya Daulah Zankiyah cover Buku Bangkit Dan Runtuhnya Daulah Zankiyah isi 2 Buku Bangkit Dan Runtuhnya Daulah Zankiyah isi

Related Post

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × three =