Buku Belajar Mudah Ilmu Nahwu Shorof Jilid 2

Kode: BK 744
Harga Buku:
Rp. 35.000
Rp. 29.750 (Diskon)

Penulis : Alm.Ustads Umar Hubeis & Alm.KH.Ahmad Yazid
Penerbit : Pustaka Progresif

Resensi

Jika ingin belajar bahasa Arab mestilah menguasai materi nahwu-shorof, karenl keduanya merupakan salah satu bagian terpenting bahasa Arab. Namun kenyataannya justru banyak yang mengeluh kesulitan mempelajari keduanya sehingga mendorong penulis untuk memikirkannya, dan – akhirnya berhasil – menyusun buku ‘Fiqhul Lughah; Belajar Mudah Ilmu Nahwu-Shorof (Tata-bahasa Arab Terapan)’ yang ada di hadapan Anda ini.

Buku ini sungguh bagus dengan metode terapan yang efektif dan memudahkan sehingga pernah mendapat kepercayaan luas di kalangan masyarakat peminat bahasa Arab sejak diterbitkan pertama kalinya sekitar tahun enam puluhan hingga delapan puluhan. Penulisnya^ Aim. Ustads Umar Hubeis dan Aim. KH. Ahmad Yazid – adalah dua tokoh pendidik yang otoritatif di bidang pengajaran bahasa Arab dan mempunyai pandangan yangjauh ke depan. Karya .ini adalah hasil rancangan solutif mereka berdua setelah melihat praktik belajar/mengajar bahasa Arab dan buku-buku yang dipakai di berbagai lembaga pendidikan di tanah air.

Buku ini, setidaknya, memiliki 3 (tiga) ciri khas dan kelebihan yang sangat bermanfaat bagi para penggunanya, yaitu sbb;

Pertama, pada umumnya buku-buku Nahwu-Shorof yang ada disajikan secara nomatif dan teoritis, sehingga sulit dicerna para pelajar pemula. Sedangkan Fiqhul Lughah menyajikan nahwu-shorof secara praktis dan mudah, disertai contoh-contoh, latihan-latihan dan praktek. Teori hanya diberikan sekedar saja.

Kedua, Fiqhul Lughah menyajikan cukup banyak mufrodat sehari-sehari (perbendaharaan kata sehari-hari) dan khas Indonesia (tidak dimiliki oleh budaya Arab) yang bahkan jarang ditemukan dalam kamus-kamus bahasa Arab-Indonesia hingga dewasa ini

Ketiga, pada hampir setiap akhir bahasan, terutama pada jilid dua, Fiqhul Lughah menyajikan nasihat-nasihat bijak berupa kata-kata mutiara, ayat-ayat al-Qur’an ataupun hadits-hadits Nabi. Hal ini memberi dua manfaat sekaligus; menjadi bahan pengayaan mufrodat sekaligus mengajarkan nilai-nilai dan norma-norma luhur sebagai bekal dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Fiqhul Lughah dikemas dalam 2 (dua) jilid secara berjenjang. Jilid Pertama ditujukan untuk para pelajar pemula dan Jilid Kedua untuk para pelajar tingkat menengah ke atas.

toko-muslim.com

Buku ini adalah karya ilmiah yang dimuat dalam Majallah Al-Buhuts Al-Islamiyyah (Jurnal Kajian Islam) yang diterbitkan secara berkala oleh lembaga kajian ilmiah fatwa milik Hai’ah Kibaril Ulama’ Kerajaan Saudi Arabia edisi no. 62, bulan Dzulqa’dah-Dzulhijjah 1411 H, Muharram-Shafar 1422 H.
Doktor Sulaiman bin Ibrahim Ats-Tsunayyan, salah seorang pengajar di Universitas Islam Madinah. Lewat tulisan ini beliau berusaha melakukan kajian secara ilmiah tentang hakikat pekerjaan kaum muslimin baik menyangkut segi-segi syari’at maupun segi-segi sosialnya.
Minimnya wawasan syar’i plus minimnya pengalaman mencari nafkah kerap membuat seorang muslim gamang memasuki dunia kerja. Padahal Al Qur’an, As Sunnah dan teladan Salafus Sholeh semuanya menuntun dan menyediakan pedoman yang tepat untuk mendapatkan keberkahan rizki dari sisi Allah Ta’ala. Apakah dengan menjadi pengusaha atau menjadi pegawai, bekerja adalah suatu keharusan sekaligus kemuliaan.
Buku ini juga membahas jenis pekerjaan apa yang paling afdhal dan mengurai kategori pekerjaan berdasarkan kaidah hukum fiqh. Islam memuliakan mereka yang mau bekerja dan mencari nafkah bagi diri dan yang menjadi tanggungannya. Mencermati bobot tulisannya tak seorang muslim pun bisa begitu saja melewatkan buku ini tanpa membaca dan mengambil manfaat darinya.

You may also like...

2 Responses

  1. muhammad furqon says:

    assalamualaikum.

  2. Toko Muslim says:

    @muhammad furqon
    wa’alaikumussalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × two =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>