Buku Biografi Empat Imam Mazhab

Buku Biografi Empat Imam Mazhab

Buku Biografi Empat Imam MazhabKode: BK2068
Harga:
Rp. 140.000
Rp. 112.000 (Diskon)
Penulis: Abdul Aziz Asy-Syinawi
Penerbit: Beirut Publishing

Berat: 1,5 Kg, Hard Cover
Tebal: 872 Halaman
Ukuran: 17 cm x 24 cm
Judul Kitab Asli: Al-Aimmah Al-Arba’ah: Hayatuhum Mawafiquhum Araa’ahum

Resensi:

Segala puji hanya milik Allah Rabb semesta alam. Buku ini menghimpun panjang lebar tentang biografi imam empat madzhab, bagaimana lika-liku kehidupan mereka dalam menuntut ilmu hingga akhirnya mereka di jadikan rujukan kaum muslimin dalam berbagai bidang ilmu khususnya ilmu fiqih, berikut di antara isinya:

***

Bab 1: Abu Hanifah

Biografi Singkat
Beliau ahli fikih Irak. Mendapati zaman sahabat dan meriwayatkan hadits dari tujuh sahabat. Ia salah seorang tokoh ulama dan imama dari empat madzhab. Maula (mantan budak) Taimullah bin Tsa’labah. Keturunan Hamzah Az-Ziyat. Beliau berprofesi sebagai pedagang pakaian. Berasal dari Kabul, namun ada yang mengatakan dari Babil; dari Anbar; dari Nasa; dan adapula yang mengatakan dari Tirmidz.

Kelahiran
Abu Hanifah lahir di Kufah tahun 80 H

Nasab
Nu’man bin Tsabit bin Marzaban seorang penguasa keturunan Persia dari kalangan orang merdeka. Namun ada juga yang mengatakan bahwa nasabnya ialah Nu’man bin Tsabit Az-Zauthi Al-Farisi. Dan ini berarti, Abu Hanifah adalah orang Persia asli.

Beliau diberi nama Nu’man agar menjadi orang besar, karena nasabnya itu membuat orang Arab yang fanatik pada kearabannya keberatan bila ada ahli fikih non-Arab, maka sebagian pengikutnya membuatkannya nasab Arab. dst

***

Buku Biografi Empat Imam Mazhab Cover

Buku Biografi Empat Imam Mazhab Cover 2

Buku Biografi Empat Imam Mazhab Daftar Isi

Buku Biografi Empat Imam Mazhab Isi

Related Post

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 5 =