Buku Cerdas Dalam Bersikap Dan Berperilaku | Toko Muslim Title

Buku Cerdas Dalam Bersikap Dan Berperilaku

Buku Cerdas Dalam Bersikap Dan BerperilakuKode: BK1983
Harga:
Rp. 141.000
Rp. 112.800 (Diskon)
Penerbit: Pustaka Azzam
Penulis: Ibnu Hibban
Tahqiq: Muhammad Hamid Al Faqi

Ukuran: 16 cm x 24,5 cm
Tebal: 568 Halaman
Berat: 0,9 kg, Hard Cover
Judul Kitab Asli: Raudhatul Uqala wa Nuzhatul Fudhala

Resensi:

Segala puji hanya milik Allah Rabb semesta alam. Buku berisi tentang seputar berbagai nilai, budi pekerti dan sikap positif yang membantu sesorang menjadi insan yang cerdas dan unggul, berikut di antara isinya:

***

Pandai Bergaul dan Menghindari Sikap Mencari Muka

Muhammad bin Qutaibah Al-Lakhmi di Asqalan dan Amr bin Sa’id bbin Sinan Ath-Tha’i bin Manbaj mengabarkan kepada kami, mereka berkata: Ibnu Wadhih menceritakan kepada kami, Yusuf bin Asbath menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami dari Muhammad bin Al-Munkadir, dari Jabir, dia berkata: Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

“Pandai bergaul dengan sesama manusia adalah sedekah”

Abu Hatim Radhiyallahu Anhu menjelaskan, orang yang berakal harus pandai menyesuaikan diri dengan orang yang bergaul dengannya, tanpa dibarengi sikap mencari muka. Pandai bergaul menjadi sedekah buat pelakunya; sedangkan mencari muka menjadi dosa bagi pelakunya.

Perbedaan supel dan cari muka sebagai berikut. Letak perbedaan kedua sikap ini bisa dilihat dari apakah seseorang menggunakan waktunya untuk memperbaiki kualitas pergaulannya tanpa merusak sendi-sendi agama. Ketika seorang meniru dan terpengaruh oleh sebagian prilaku negatif temannya yang tidak disukai Allah Azza wa Jalla, sikap ini disebut “mudhahanah” (mencari muka).

Akibat sikap ini yaitu tidak memiliki kepribadian. Seseorang berakal harus supel, karena dia akan membawa perbaikan sikap. Siapa yang tidak pandai menyesuaikan diri dengan orang lain, mereka akan bosan.

***

Buku Cerdas Dalam Bersikap Dan Berperilaku Cover

Buku Cerdas Dalam Bersikap Dan Berperilaku Cover 2

Buku Cerdas Dalam Bersikap Dan Berperilaku Isi

Related Post

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − six =