Buku Emesa Pertarungan Ksatria Islam Dengan Ksatria Roma

Buku Emesa Pertarungan Ksatria Islam Dengan Ksatria Roma

Buku Emesa Pertarungan Ksatria Islam Dengan Ksatria RomaKode: BK2040
Harga:
Rp. 70.000
Rp. 56.000 (Diskon)
Penerbit: Assalam Group
Penulis: Abu Royhan dkk

Ukuran: 14,5 cm x 22,5 cm
Tebal:  202 Halaman
Berat: 0,4 Kg, Soft Cover
Jenis Kertas: Sebagian HVS Sebagian Art Paper Berwarna
Judul Buku: Emesa Versus Exercitius Romanorum

Resensi:

Bismillah, segala puji hanya milik Allah Rabb semesta alam. Buku ini akan mengupas perjalanan dalam menaklukkan Emesa yaitu, sebuah kota yang dijadikan sebagai pusat operasi militer roma di bawah kekuasaan pasukan Caesar Heraclius atau yg disebut dengan nama “Exercitus Romanorum”, berikut sekilas tentang isinya:

***

Emesa

Emesa merupakan kota yang terkenal dikalangan para sejarawan dan ahli geografi. Dalam berbagai referensi disebutkan kondisi dan suasana di kota ini. Berkenaan dengan kondisi kota Emesa, Al-Isthakhri menuturkan sebagai berikut, “Emesa merupakan wilayah yang memiliki tingkat kesuburan tinggi. Tanahnya adalah tanah yang paling bagus di Syam. Pendnuduk kota ini memiliki ketampanan dan kecantikan tiada tara. Lebih dari itu, di wilayah ini tidak ditemukan kalajengking dan ular. Emesa dihiasi dengan sungai-sungai yang mengalir, pohon-pohon rindang, dan banyak tanaman. Di kota ini juga terdapat satu gereja yang merupakan gereja terbesar di Syam.”

Sejarawan lainnya menyataka bahwa Emesa merupakan sebuah kota yang elok. Penjuru kota ini memiliki pemandangan menawan, pohon-pohon yang bertebaran di dalamnya sangat rindang dan teduh, sungai-sungainya mengalir deras, dan pasar-pasarnya memiliki jalan yang lebar. Penduduk Emesa merupakan bangsa Arab yang memiliki keutamaan dan kedermawanan. Penjelasan ini disampaikan pada abad kedelapan.

Yaqut dalam Mu’jam Al-Buldan menuturkan bahwa Emesa merupakan sebuah negeri yang terkenal. Kota ini sudah ada sejak dulu kala. Wilayahnya di kelilingi benteng, dan di ujung bagian kiblatnya terdapat sebuah puri kokoh yang terletak di bukit nan tinggi. Selain itu, kota ini merupakan wilayah yang besar. Letaknya berada di pertengahan jarak antara Damascus dan Aleppo.

***

Buku Emesa Pertarungan Ksatria Islam Dengan Ksatria Roma Cover

Buku Emesa Pertarungan Ksatria Islam Dengan Ksatria Roma Cover 2

Buku Emesa Pertarungan Ksatria Islam Dengan Ksatria Roma Daftar Isi

Buku Emesa Pertarungan Ksatria Islam Dengan Ksatria Roma Isi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 19 =