Buku Israiliyyat Dan Hadits-Hadits Palsu Tafsir Al-Qur'an

Buku Israiliyyat Dan Hadits-Hadits Palsu Tafsir Al-Qur’an

Buku-Israiliyyat-Dan-HaditsKode: BK3096
Harga: Rp.95.000
Rp. 76.000 (Diskon)
Penulis: Muhammad Ibn Muhammad Abu Syahbah
Penerbit: Keira Publishing

Ukuran: 18 cm x 25,5 cm
Cover: Hard Cover
Berat : 750 Gram
Tebal: 360 halaman

Resensi:
Segala puji hanya milik Allah Rabb semesta alam dan shalawat serta salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam.
Buku ini berjudul “Buku Israiliyyat Dan Hadits-Hadits Palsu Tafsir Al-Qur’an”, Buku ini memaparkan fakta-fakta seputar Isrâîliyyât dan hadits-hadits palsu dalam kitab tafsir. Penulis yang juga guru besar Ilmu-ilmu al-Qur’an dan al-Hadits di dua universitas, Universitas al-Azhar Mesir dan Ummul Qura Mekkah, ini juga menjelaskan kriteria dan sistematika penguraian Isrâîliyyât dan hadits palsu dari sisi aqli dan naqli.
Persoalan hadits shahih, dhaif, palsu dan letak perbedaan antara tafsir yang layak diterima dan tidak, dikupas habis di buku ini.
Fenomena Isrâîliyyât dalam kitab-kitab tafsir al-Quran merupakan fakta yang tidak dapat dipungkiri. Sejak periode pembukuan tafsir al-Qur’an sampai sekarang, berpuluh-puluh kitab tafsir telah dihasilkan oleh para penafsir al-Quran. Namun, setelah diteliti lebih jauh lagi, ada sebagian besar kitab tafsir menggunakan Isrâîliyyât, yang dianggap sebagai unsur-unsur Yahudi dan Nasrani dalam penafsiran al-Quran.
Orang Yahudi mempunyai pengetahuan keagamaan yang bersumber dari Taurat dan orang Nasrani pun mempunyai pengetahuan keagamaan yang bersumber dari Injil. Cukup banyak orang Yahudi dan Nasrani bernaung di bawah panji-panji Islam sejak Islam lahir, sedang mereka tetap memelihara pengetahuan keagamaann yaitu. Sementara al-Qur’an banyak mencakup hal-hal yang terdapat dalam Taurat dan Injil, khususnya yang berhubungan dengan kisah para Nabi dan berita umat terdahulu. Namun dalam al-Qur’an kisah-kisah itu hanya dikemukakan secara singkat dan menitik beratkan pada aspek-aspek nasehat dan pelajaran, tidak mengungkapkannya secara rinci dan mendetail seperti masa peristiwa, nama-nama negeri dan nama-nama pribadi. Sedang Taurat dan Injil mengemukakannya secara panjang lebar dengan menjelaskan rincian dan bagian-bagiannya.
Semoga Allah menjadikan bagi penulis, penerbit, pengedar dan pembaca buku ini mendapatkan keridhaan dan surga-Nya. Aamiin.
Semoga bermanfaat.
Selamat membaca, Selamat belajar.
***
Buku Israiliyyat Dan Hadits-Hadits Palsu Tafsir Al-Qur'an cover 2 Buku Israiliyyat Dan Hadits-Hadits Palsu Tafsir Al-Qur'an cover Buku Israiliyyat Dan Hadits-Hadits Palsu Tafsir Al-Qur'an isi 2 Buku Israiliyyat Dan Hadits-Hadits Palsu Tafsir Al-Qur'an isi 3 Buku Israiliyyat Dan Hadits-Hadits Palsu Tafsir Al-Qur'an isi 4 Buku Israiliyyat Dan Hadits-Hadits Palsu Tafsir Al-Qur'an isi

Related Post

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − ten =