Buku Kisah-Kisah Dalam Al-Qur'an Berdasarkan Riwayat Shahih

Buku Kisah-Kisah Dalam Al-Qur’an Berdasarkan Riwayat Shahih

Buku-Kisah-Kisah-Dalam-Al-QKode: BK2934
Harga:
Rp. 179.000
Rp. 143.200 (Diskon)
Penulis: Hamid Ahmad Ath-Thahir
Penerbit: Ummul Qura

Ukuran: 18 cm  x 24,5 cm
Cover: Hard Cover
Berat: 1.550 Gram
Tebal: 998 halaman

Resensi:
Segala puji hanya milik Allah Rabb semesta alam dan shalawat serta salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Buku ini “Buku Kisah-Kisah Dalam Al-Qur’an Berdasarkan Riwayat Shahih” , Buku ini oleh penulisnya diberi tajuk Shahih Qasash Al-Qur’an sebagai penegasan bahwa buku ini adalah buku yang sahih. Penulis telah melakukan proses sterilisasi (tashfiyyah) atas kisah-kisah qur’ani dari sumber-sumber yang tidak valid, dan inilah yang menjadi kelebihan utama buku ini. Di samping itu, buku ini masih memiliki sejumlah kelebihan lainnya seperti:
♦Kelengkapan kisah-kisah; meliputi bukan hanya kisah para nabi, tetapi juga kisah-kisah lain dari umat-umat terdahulu.
♦Buku ini disusun dengan merujuk kepada sekitar 50 buku sumber referensi lainnya.
♦Penulis menggunakan bahasa kekinian yang lebih mudah dipahami tanpa meninggalkan kedalaman ekplorasi makna hikmah, dan pelajaran di balik kisah-kisah.
♦Riwayat-riwayat penunjang yang dicantumkan sudah melalui verifikasi penulis buku ini.
♦Penulis melakukan tarjih (pemilihan pendapat yang kuat) atas hal-hal yang menjadi kontroversi di balik kisah-kisah. Namun, pada saat yang sama juga meinggalkan hal-hal kecil yang tidak esensial untuk didebatkan.

Sudah mafhum bahwa satu dari tiga bagian Al-Qur’an adalah kisah-kisah.
Tentunya ada hikmah yang besar di baliknya; agar umat Islam bisa mengambil pelajaran atau bahkan kesimpulan hukum darinya. Karenanya, Dr. Hamid Ahmad Ath-Thahir, ulama dari Mesir, mendedikasikan diri untuk menyajikan karya berupa buku lengkap yang sarat makna tentang kisah-kisah di dalam Al-Qur’an.
Kisah-kisah di dalam Al-Qur’an tentu sudah pasti kebenarannya. Namun, penulis bukan hanya merujuk ayat-ayat, tetapi juga riwayat-riwayat penguat, seperti dari kitab-kitab tafsir dan kitab-kitab hadits. Hanya saja, tidak semua riwayat yang merinci cerita-cerita yang di-nash-­kan di dalam Al-Qur’an adalah shahih. Sebagiannya ada yang berupa cerita-cerita israiliyyat (riwayat Ahli Kitab) yang perlu ditimbang ulang dan dipilah-pilah. Adapun sebagian terkait ada yang lemah, bahkan palsu dan tidak layak disematkan kepada orang-orang saleh seperti para nabi.

Semoga Allah menjadikan bagi penulis, penerbit, pengedar dan pembaca buku ini mendapatkan keridhaan dan surga-Nya.
Aamiin.
Selamat membaca, Selamat belajar.
Buku Kisah-Kisah Dalam Al-Qur'an Berdasarkan Riwayat Shahih 179.000 20% 143.200 Ummul Qura Hamid Ahmad Ath-Thahir cover 2 Buku Kisah-Kisah Dalam Al-Qur'an Berdasarkan Riwayat Shahih 179.000 20% 143.200 Ummul Qura Hamid Ahmad Ath-Thahir cover Buku Kisah-Kisah Dalam Al-Qur'an Berdasarkan Riwayat Shahih 179.000 20% 143.200 Ummul Qura Hamid Ahmad Ath-Thahir isi 2 Buku Kisah-Kisah Dalam Al-Qur'an Berdasarkan Riwayat Shahih 179.000 20% 143.200 Ummul Qura Hamid Ahmad Ath-Thahir isi 3 Buku Kisah-Kisah Dalam Al-Qur'an Berdasarkan Riwayat Shahih 179.000 20% 143.200 Ummul Qura Hamid Ahmad Ath-Thahir isi

Related Post

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + fourteen =