Buku Manajemen Akhlak Salaf |

Buku Manajemen Akhlak Salaf

Buku Manajemen Akhlak SalafKode: BK1901
Harga:
Rp. 30.000
Rp. 25.500 (Diskon)
Penulis: Mahmud Al-Mishri
Penerbit: Pustaka Arafah

Ukuran      : 15,5 x 23,5 cm
Cover        : Soft cover
Berat        : 300 gram
Tebal        : 214 halaman

Resensi:

Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam. Buku ini akan membahas bagaimana para salaf terdahulu berakhlak dengan akhlak yang mulia sehinggga tidak sedikit mereka masuk ke dalam agam Islam ini, berikut di antara isinya;

Bab 4 Malu

Malu adalah salah satu akhlak teragung yang seyogyanya setiap muslim menghiasi diri dengannya. Dan karena besarnya dampak positif dan mulianya kedudukan akhlak malu, ia menjadi ciri khas yang paling nyata dari millah yang hanif ini. Zaid bin thalhah Radhiyallahu Anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Sesungguhnya setiap agama memiliki akhlak, dan akhlak Islam adalah malu.”

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menjelaskan bahwa kebanyakan yang menjadi keistimewaan pemeluk berbagai agama bukanlah akhlak malu. Sedangkan kebanyakan pemeluk agama kita keistimewaannya pada akhlak malu. Karena malu adalah penyempurna akhlak, dan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam diutus untuk menyempurnakan akhlak. Karena Islam agama yang paling mulia, maka Allah memberi Islam akhlak yang paling tinggi dan paling mulia, yaitu malu.

Imam Ibnul Qayyim menulis, “Haya’ (malu) berasal dari kata hayah (hidup). Sekedar apa itu hidup sekedar itu pula kekuatan akhlak malu. Sedikitnya akhlak malu menunjukkan matinya hati dan ruh. Semakin hidup sebuah hati, semakin sempurna pula malu yang dimilikinya.”

***

Manajemen-akhlak-salaf-gbr2 Manajemen-akhlak-salaf-gbr3

Related Post

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 3 =