Buku Mukhtashar Minhajul Qashidin | Toko Muslim Title

Buku Mukhtashar Minhajul Qashidin

Buku Mukhtashar Minhajul QashidinKode: BK1311
Harga Buku:
Rp. 130.000
Rp. 104.000 (Diskon 20%)
Penerbit : Pustaka Darul Haq
Penulis: al-Imam Ibnu Qudamah al-Maqdisi

Berat: 1,3 Kg
Ukuran:
Tebal: 788 halaman

Resensi:

Buku Ihya ‘Ulumuddin adalah buku yang telah banyak dikenal oleh kaum muslimin, yang membahas masalah ibadah, adat dan lain-lainnya. Namun karena banyaknya kritik terhadap buku tersebut, Ibnul Jauzi membuat ringkasannya yang berjudul Minhajul Qashidin. Kemudian buku tersebut diringkas kembali oleh Ibnu Qudamah menjadi “Mukhtashar Minhajul Qashidin”.

Buku ini mengingatkan mengenai pentingnya ilmu bagi setiap muslim. Buku ini membahas 4 hal, yakni Ibadah, mengenai tujuan dari penciptaan manusia. Di dalamnya dijabarkan mengenai hikmah, rahasia, dan keajaiban ibadah kepada Allah, serta ulasan mengenai keagungan yang tersembunyi dari setiap ibadah yang dikerjakan

Pembahasan lainnya mengenai Adat, yakni berisi adab-adab, baik adab lahir dan batin, makan dan minum, berkeluarga, rizki, sosial dan lainnya.

Pembahasan yang ketida mengenai hal-hal yang membinasakan, yakni hal-hal yang menyingkap perkara negatif dalam diri  manusia yang bisa membinasakan. Seperti akhlak buruk, dusta, ghibah, namimah, berkata keji dan perbuatan buruk lainnya.asakan, agar kita semua waspada. lalu akhlak buruk hati, seperti: Hasad, syahwat, amarah, cinta pujian, cinta dunia, cinta kedudukan, sombong dan angkuh, tinggi hati, dan lainnya. Semuanya diuraikan dengan sangat bagus di sini, dan lengkap dengan terapi dan cara-cara merubahnya menjadi positif, sehingga orang yang membaca buku ini, bisa memperbaiki dirinya menjadi lebih baik.

Pembahasan keempat adalah hal-hal yang menyelamatkan. Yakni bertaubat dari segala dosa dan maksiat, kemudian memupuk sifat sabar, pandai bersyukur, penuh pengharapan, takut akan hukuman Allah, wara’, zuhud, dan lebih memilih hidup sederhana.

Kemudian buku ini ditutup dengan masalah paling penting yaitu, bagaimana menempa diri agar bertauhid secara benar, yang diantaranya, Cinta, harap dan takut kepada Allah. Dan setelah itu ditutup dengan nasihat penting tentang bagaimana agar senantiasa mengingat kematian, agar sadar bahwa semua yang kita lakukan di dunia ini akan kita pertanggungjawabkan di hadapan Allah; kebaikan atau keburukan sebesar atom pun akan dibalas. Buku ini adalah bimbingan terbaik meraih akhirat. Insyaallah.

Arsip Produk Toko-muslim.com

Related Post

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 1 =