Buku Pengantar Ilmu Tafsir

Buku Pengantar Ilmu Tafsir

Buku Pengantar Ilmu TafsirKode: BK1818
Harga:
Rp. 23.000
Rp. 19.550 (diskon)
Penulis: Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin
Penerbit: Darus Sunnah

Tebal: 149 halaman
Ukuran: 14 cm x 21 cm
Berat: 0,2 Kg, Soft Cover
Kitab Asli: Ushul fi At-Tafsir

Resensi:

Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam. Buku ini akan membahas tentang ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Al-Qur’an dan isinya, berikut di antara isinya:

***

Ayat Makkiyah dan Madaniyah

Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Shallallaahu Alaihi wa Sallam secara berangsur-angsur selama 23 tahun. Dan sebagian besar wahyu Al-Qur’an itu rasulullah terima di Makkah.

Allah Ta’aala berfirman:
“Dan Al-Qur’an, kami mengangsur-angsurkannya agar kamu membacakannya kepada manusia sehingga menetap (kokoh di hati) dan kami menurunkannya sebagian demi sebagian.” (QS. Al-Isra’: 106)

Oleh karena itu, para ulama Rahimahullah membagi ayat-ayat Al-Qur’an dalam dua kategori, yaitu Makkiyah dan Madaniyah. Ayat Makkiyah adalah ayat-ayat ang diturunkan kepada Nabi Shallallaahu Alaihi wa Sallam sebelum hijrah ke Madinah. Ayat Madaniyah adalah ayat-ayat yang diturunkan kepada Nabi Shallallaahu Alaihi wa Sallam setelah hijrah ke Madinah. Berdasarkan definisi tersebut, maka firman Allah Ta’aala:

“Pada hari ini telah aku sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah kucukupkan kepadamu nikmat-Ku dan telah kuridhai Islam itu jadi agama bagimu.” (QS. Al-Maidah: 3) adalah termasuk ayat madaniyah meskipun ayat tersebut turun kepada Nabi Shallallaahu Alaihi wa Sallam pada haji wada’ di Arafah.

***

Buku Pengantar Ilmu Tafsir Cover

Buku Pengantar Ilmu Tafsir Cover Belakang

Buku Pengantar Ilmu Tafsir Daftar Isi

Buku Pengantar Ilmu Tafsir Isi

Related Post

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 1 =