Buku Saku Renungan Takbir

Buku Saku Renungan Takbir

Buku Saku Renungan TakbirKode: BK1638
Harga:
Rp.14.000
Rp. 11.900 (Diskon)
Penerbit: Nashirus Sunnah
Penulis: Abu Yahya Badrusalam, Lc

Ukuran: 10 cm x 15 cm
Tebal: 68 halaman
Berat: 0,1 kg, Soft Cover

Resensi:

Takbir Pada Hari Raya ‘Iedul Adha

Takbir pada ‘Iedul Adha ada dua macam, yaitu takbir mutlak dan takbir muqoyyad. Adapun takbir mutlak dimulai dari semenjak awal bulan Dzulhijjah sampai tanggal 13 Dzulhijjah sore hari. Imam Al Bukhari Rahimahullah berkata dalam shahihnya:
“Dan Ibnu Abbas berkata (tentang makna firman Allah Subhaanahu wa Ta’ala): “Dan ingatlah Allah pada hari-hari yang telah diketahui.” Yaitu hari-hari sepuluh (awal bulan Dzulhijjah). Dan hari-hari yang terhitung adalah hari-hari tasyriq. Ibnu ‘Umar dan Abu Hurairah pernah keluar kepasar pada hari-hari sepuluh awal, keduanya bertakbir dan manusia pun bertakbir mengikuti takbir keduanya”.

Sementara takbir muqoyyad adalah takbir setelah shalat lima waktu, yang dimulai dari tanggal 9 Dzulhijjah sampai ashar tanggal 13 Dzulhijjah. Ini adalah pendapat ‘Umar, Ali, Ibnu Abbas, Ibnu Mas’ud, Jabir, ‘Ammar, Az Zuhri, Makhul, Sufyan Ats Tsauri, Ahmad bin Hanbal dan Abu Tsaur, bahkan Ibnu Qudamah Al Maqdisi dalam Al Mugni menghikayatkan adanya kesepakatan para sahabat atas hal ini
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah berkata: “Pendapat yang paling benar mengenai takbir (‘Iedul Adha) yang merupakan pendapat Jumhur salaf, dan para fuqaha dari kalangan sahabat dan para imam; bertakbir dari fajar hari ‘Arafah sampai akhir hari tasyriq.

Buku Saku Renungan Takbir Cover

Daftar Isi:

Buku Saku Renungan Takbir Daftar Isi

toko-muslim.com

Related Post

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 9 =