Buku Sejarah Umat Islam Pra Kenabian Hingga Islam Di Nusantara

Buku Sejarah Umat Islam Pra Kenabian Hingga Islam Di Nusantara

Buku-Sejarah-Umat-Islam-PraKode: BK2807
Harga:
Rp. 230.000
Rp. 195.500 (Diskon)
Penulis: Abu Fatiah Al-Adnani
Penerbit: Gema Insani Press

Ukuran: 20,5 cm  x 27 cm
Cover: Hard Cover
Berat: 1.550 Gram
Tebal: 686 halaman

Resensi:
Segala puji hanya milik Allah Rabb semesta alam dan shalawat serta salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Buku ini”Buku Sejarah Umat Islam Pra Kenabian Hingga Islam Di Nusantara” 

Sejarah merupakan rekaman jejak masa lampau dari suatu kehidupan. Bercermin dari kehidupan masa lalu, akan menjadi penuntun kita menempuh masa yang lebih baik. Agar peristiwa yang buruk tak terulang dan kejadian yang baik dapat dijadikan teladan. Dari sejarah, kita dapat mengambil pelajaran yang tersimpan di dalamnya. Sama halnya dengan Islam, jauh beratus-ratus tahun lalu perjalanannya dimulai, membuahkan sejarah yang patut ditelusuri umatnya. Sebagai umat Muslim, hendaknya kita mengetahui seperti apa deretan fakta berabad-abad lalu yang ditorehkan Rasulullah saw. beserta sahabat dan kaum yang terdahulu. Dengan begitu, kita akan lebih mudah melangkah karena menjadikan sejarah Islam sebagai ibrah dan tuntunan dalam mengamalkan ajaran dan sunnah-Nya.

Bersamaan dengan itu, Prof. Dr. Hamka secara gamblang memaparkan realita sejarah Islam melalui buku Sejarah Umat Islam iniHamka dengan begitu gamblangnya mengungkapkan realita sejarah yang terjadi pada umat Islam dalam beberapa fase. Berawal dari fase sebelum kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam. (zaman Arab purbakala), fase Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam, fase Khulafaur Rasyidin, dan fase kepemimpinan beberapa kekhalifahan Islam, baik yang ada di Jazirah Arab maupun di luar Jazirah Arab, seperti di Benua Eropa, Benua Afrika, dan di wilayah Afghanistan. Selain itu, Penulis yang juga Ulama ini memaparkan jejak-jejak Islam sampai ke Tanah India dan Iran. Dua negeri tersebut memiliki peranan penting dalam penyebaran Islam di Indonesia. Berkaitan dengan itu, Hamka pun mengupas fase penyebaran Islam di Tanah Air, yang secara khusus dibahas pada bagian akhir buku ini.

Buku Sejarah Umat Islam adalah sebuah tulisan yang mengagumkan dari seorang ulama fenomenal yang kerap dipanggil Buya Hamka. Perbendaharaaan ilmunya yang luas serta kecintaannya yang mendalam terhadap Islam membuat setiap goresan tangan yang tertuang di buku ini begitu sarat dengan hal-hal yang sanggup mengguncangkan imajinasi dan hati pembaca untuk meresapi dan merenungi isi buku ini.

Dengan kepiawaiannya, Buya Hamka berhasil memotret berbagai fakta sejarah yang kadang tidak kita temukan dalam buku sejarah Islam lainnya atau luput dari perhatian kita. Fakta sejarah yang berhasil Buya Hamka paparkan tersebut terutama terkait sejarah kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia dan pembahasan tokoh-tokoh besarnya, yang bahkan tidak kita temukan dalam buku-buku sejarah yang diajarkan di sekolah-sekolah kita.

Semoga Allah menjadikan bagi penulis, penerbit, pengedar dan pembaca buku ini mendapatkan keridhaan dan surga-Nya.
Aamiin.
Semoga bermanfaat.
Selamat membaca, Selamat belajar.

*****

Buku Sejarah Umat Islam Pra Kenabian Hingga Islam Di Nusantara 230.000 15% 195.500 Gema Insani Press cover 2
Buku Sejarah Umat Islam Pra Kenabian Hingga Islam Di Nusantara 230.000 15% 195.500 Gema Insani Press cover
Buku Sejarah Umat Islam Pra Kenabian Hingga Islam Di Nusantara 230.000 15% 195.500 Gema Insani Press isi Buku Sejarah Umat Islam Pra Kenabian Hingga Islam Di Nusantara 230.000 15% 195.500 Gema Insani Press isi 4

Related Post

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =