Buku Syarah Al-Iqtidha Meniti Shirathal Mustaqim | Toko Muslim Title

Buku Syarah Al-Iqtidha Meniti Shirathal Mustaqim

Buku Syarah Al-Iqtidha Meniti Shirathal MustaqimKode: BK1744
Harga:
Rp. 160.000
Rp. 128.000 (Diskon)
Penulis: Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah
Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin
Penerbit: Al-Qowam

Ukuran: 17 cm x 24,5 cm
Tebal: 826 Halaman
Berat: 1,5 Kg, Hard Cover
Judul Asli: Syarhu Iqtidha’ Shirathil Mustaqim

Resensi:

Segala puji bagi Allah yang telah menyempurnakan agama dan nikmat-Nya bagi kita, serta meridhai Islam sebagai agama kita. Buku ini akan menjelaskan tentang panjang lebar persoalan mendasar tentang larangan meniru orang-orang kafir dalam perilaku dan ibadah mereka, berikut di antara penjelasannya:

***

Tidak Boleh Merestui Perayaan Mereka

Apabila sudah terbukti kaidah dasar tentang haramnya menyerupai mereka, maka kami akan menyatakan bahwa menyamakan diri dengan mereka dalam merayakan berbagai hari raya mereka tidak diperbolehkan, ditinjau dari dua sudut:

Pertama: Tinjauan Umum

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, hal itu termasuk tindakan menyerupai ahlul kitab dalam hal tidak ada dalam ajaran agama kita, bukan pula kebiasaan golongan salaf kita. Sehingga dalam menyamakan diri dengan mereka terkandung kerusakan, sebaliknya dalam menyelisihi mereka terkandung maslahat. Bahkan, kalau kesamaan ini sekadar kebetulan, bukan diadopsi dari kebiasaan mereka, tetap disyariatkan bagi kita untuk menyelisihinya. Dan sebagaimana telah dikatakan sebelumnya, bahwa dalam tindakan menyelisihi mereka terkandung maslahat.

Barangsiapa yang meniru mereka,berarti ia telah melewatkan kemaslahatan ini. Meskipun ia tidak mendatangkan bahaya. Lantas bagaimana kalau melewatkan maslahat dan mendapat mudharat masing-masing terkumpul dalam dirinya?!

Ditinjau dari sudut bahwa perbuatan itu termasuk bid’ah yang diada-adakan, maka tidak diragukan lagi bahwa sudut ini menunjukkan bahwa menyerupai mereka perihal hari raya mereka dilarang. Minimal, hukum tasyabbuh dengan mereka adalah makruh. Sebagaimana hukum minimal dari perbuatan bid’ah adalah makruh. Mayoritas dalil menunjukkan haramnya tasyabbuh atau berpartisipasi dalam hari raya mereka.

***

Buku Syarah Al-Iqtidha Meniti Shirathal Mustaqim Cover

Buku Syarah Al-Iqtidha Meniti Shirathal Mustaqim Cover Belakang

Daftar Isi:

Buku Syarah Al-Iqtidha Meniti Shirathal Mustaqim Isi

Buku Syarah Al-Iqtidha Meniti Shirathal Mustaqim Daftar Isi

Related Post

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 3 =