Buku Tafsir Al-Qur’an Al-Aisar (Satu Set 7 Jilid) | Toko Muslim Title

Buku Tafsir Al-Qur’an Al-Aisar (Satu Set 7 Jilid)

Tafsir Al Quran Al Aisar Satu Set 7 JilidKode: BK 050
Harga:
Rp. 1.112.000
Rp. 834.000 (Diskon Spesial 25%)

Penulis: Abu Bakar Jabir al-Jazairi
Penerbit: Darus Sunnah

Resensi:

Kebutuhan umat Islam dalam hal memahami Al-Qur’an Al-Karim merupakan suatu keniscayaan yang tidak dapat terhindarkan selama dalam hidupnya, karena Kitabullah sebagai pedoman hidup manusia disamping As-Sunnah Nabawiyah.
Memahami Al-Qur’an lalu diamalkan adalah perintah agama, namun dalam memahami kitabullah ini diharuskan berpegang kepada kaidah-kaidah penafsiran baku yang ditetapkan oleh Shalafus Shalih.
Dalam realita masyarakat muslim, terdapatnya sekelompok kaum muslimin dalam menafsirkan Al-Qur’an. Mereka mendahulukan akal (rasio) dari pada nash-nash yang shahih. Ketika ayat-ayat Al-Qur’an atau pun As-Sunnah berlawanan dengan akal, maka didahulukan akal dari pada ayat-ayat Al-Qur’an. Penafsiran Al-Qur’an yang bersandar pada akal dari pada nash-nash shahih sudah merambah luas pada era sekarang, disamping penafsiran Al-Qur’an lainnya yang tidak berpijak pada manhaj Ahlus Sunnah.
Maka dari itu, kita membutuhkan tafsir Al-Qur’an Al-Karim yang sesuai dengan manhaj Ahlus Sunnah, suatu tafsir yang diridha’i oleh Allah ta’ala dan Rasul-Nya. Buku yang ada di hadapan para pembaca sekarang adalah terjemahan dari tafsir Al-Qur’an Al-Karim ”Al-Aisar” yang ditulis oleh Syaikh Abu Bakar Al-Jazairi. Tafsir ini menghimpun metode penafsiran bil-maktsur yaitu menafsirkan ayat dengan ayat, lalu dengan hadits-hadits nabawi dan atsar-atsar Shahabat. Sebagaimana namanya ”Al-Aisar” (yang termudah), yaitu tafsir Al-Qur’an yang mempunyai sistematis penyajian penafsiran tersendiri, menjelaskan makna kata per kata secara literal dan diakhiri dalam setiap penafsirannya dengan pelajaran-pelajaran (fawaid) yang dapat diambil dari ayat tersebut.
Tafsir ini mempunyai kelebihan dengan tafsir lain diantaranya, penulis menekankan pada penafsiran manhaj salaf dalam masalah ibadah, aqidah, asma dan sifat Allah dan lainnya. Kitab ini dinamai dengan “al-Aisar” (yang mudah) karena beliau mengngaabungkan antara firman Allah ta’ala dengan uraian bahasa yang mudah sehingga orang awam pun dapat memahaminya dengan mudah. Diantara metode penafsiran yang beliau gunakan:

  1. Menjelaskan kata-perkata dari setiap ayat secara literal
  2. Menafsirkan ayat secara global dengan menghubungkan ayat satu dengan yang lainnya dan dengan penjelasan dari hadits nabawi, atsar dan kata-kata hikmah
  3. Pada akhir setiap ayat diakhiri dengan tafsiran dan faidah yang dapat diambil dari ayat tersebut.

Semoga buku tafsir ini dapat memberikan faedah ilmu untuk kaum muslimin dan bisa menjadi pendorong untuk melakukan amal kebajikan. Selamat membaca!

Lihat Tafsir Al-Qur’an Al-Aisar Jilid 1
Lihat Tafsir Al-Qur’an Al-Aisar Jilid 2
Lihat Tafsir Al-Qur’an Al-Aisar Jilid 3
Lihat Tafsir Al-Qur’an Al-Aisar Jilid 4
Lihat Tafsir Al-Qur’an Al-Aisar Jilid 5
Lihat Tafsir Al-Qur’an Al-Aisar Jilid 6
Lihat Tafsir Al-Qur’an Al-Aisar Jilid 7
Lihat Tafsir Al-Qur’an Al-Aisar 1 set (7 jilid)

toko-muslim.com

Related Post

You may also like...

4 Responses

  1. sarmani says:

    berapa beratnya ne kitab ???

  2. Toko Muslim says:

    @sarmani
    beratnya 1 set sekitar 12kg

  3. lutfi says:

    Ada skrinsut isi nya ndak??

  4. Toko Muslim says:

    @lutfi
    yang ini belum kami fotokan ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + nineteen =