Buku Tata Cara Sujud Tilawah | Toko Muslim Title

Buku Tata Cara Sujud Tilawah

Buku Tata Cara Sujud TilawahKode: BK1717
Harga:
Rp. 15.000
Rp. 12.750 (Diskon)
Penulis: Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah
Penerbit: Al-Qowam

Ukuran: 14 cm x 21 cm
Tebal: 123 Halaman
Berat: 0,2 Kg, Soft Cover
Kitab Asli: Sujuudut Tilaawah Ma’aaniihi wa Ahkaamuhu

Resensi:

Segala puji bagi Allah Ta’ala dan hanya kepada-Nyalah kita bersujud dan menyembah, Buku ini berisi tentang hukum dan tata cara sujud tilawah, berikut di antara isinya:

***

Hukum Sujud Tilawah

Kami katakan: Orang-orang berselisih tentang kewajiban sujud tilawah. Ada yang berpendapat tidak wajib , dan ada yang berpendapat wajib jika ayat sajdah dibaca dalam shalat, dan ini adalah salah satu riwayat dari Ahmad.

Adapun yang tampak bagiku adalah bahwa sujud tilawah hukumnya wajib. Dengan sekedar melihat ayat-ayat yang mengandung pujian memang tidak menunjukkan wajib, akan tetapi, ayat-ayat yang mengandung perintah dan celaan serta yang bersifat mutlak, bisa dikatakan: Ini dibawa pada pengertian shalat, seperti ayat sajdah surat Al-Hajj (ayat 77), Al-Furqan, dan Al-‘Alaq. Akan tetapi, pendapat ini lemah. Bagaimana bisa berpendapat seperti itu, padahal di dalamnya disertai dengan kondisi tilawah, seperti firman-Nya:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Kami, adalah orang-orang yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat kami, mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Rabnya, sedang mereka tidak menyombongkan diri.” (As-Sajdah: 15)

Ini adalah penapian iman kepada ayat-ayat dari orang yang tidak mau menyungkur sujud jika diperingatkan dengan ayat-ayat tersebut. Jika dia mendengar ayat-ayat itu, berarti ia telah diberi peringatan dengannya.

***

Buku Tata Cara Sujud Tilawah Cover

Buku Tata Cara Sujud Tilawah Cover Belakang

Daftar Isi:

Buku Tata Cara Sujud Tilawah Daftar Isi

Buku Tata Cara Sujud Tilawah Isi

Related Post

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × one =