Buku Waktu-Waktu Utama Dan Ibadah-Ibadah Istimewa

Buku Waktu-Waktu Utama Dan Ibadah-Ibadah Istimewa

Buku Waktu-Waktu Utama Dan Ibadah-Ibadah IstimewaKode: BK1931
Harga:
Rp. 43.000
Rp. 36.550 (Diskon)
Penyusun: Dr. Ahmad bin Utsman Al-Mazyad
Penerbit: Darul Haq

Ukuran: 14,5 cm x 21 cm
Berat: 0,4 Kg, Soft Cover
Tebal: 314 halaman
Judul Kitab Asli: Mukhtashar Latha’if Al-Ma’arif, Fima li Mawasim Al-Am min Al-Wazha’if

Resensi:

Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam. Buku ini adalah Mukhtashar lathaiful imam ibnu rajab, ringkasan dari kitab fenomenal dari Ibnu Rajab yang membahas tentang waktu waktu dan ibadah ibadah yang istimewa sepanjang tahun. Betapa penting waktu itu, sampai-sampai Allah bersumpah demi waktu, dalam buku ini akan dijelaskan tentang waktu-waktu utama dan ibadah-ibadah sepanjang tahun, berikut di antara isinya:

***

Majelis Kedua

Tentang Hari Asyura’

Hari Asyura’ memiliki keutamaan yang besar dan kesucian yang sudah berlangsung lama. Dan berpuasa pada hari itu karena keutamaannya, sudah dikenal di kalangan para Nabi Alaihimussalam di mana Nabi Nuh dan Nabi Musa Alaihimassalam berpuasa pada hari tersebut. Dan terkait puasa pada hari Asyura’ ini, Nabi Shallallahu Alaihi wa Salllam memiliki empat kondisi:

Kondisi pertama: Bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam berpuasa Asyura’ di Makkah, dan beliau tidak memerintahkan orang-orang untuk berpuasa pada hari itu.

Diriwayatkan dalam shahih Al-Bukhari dan shahih Muslim dari Aisyah Radhiyallahu Anhu bahwa beliau berkata,
“Dahulu (hari) Asyura’ adalah hari di manaorang-orang quraisy biasa berpuasa pada masa jahiliyah, dan Nabi Shllallahu Alaihi wa Sallam biasa berpuasa di hari itu. Lalu ketika Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam tiba di Madinah, beliau berpuasa pada hari itu dan memerintahkan orang-orang agar berpuasa pada hari itu. Lalu ketika kewajiban puasa Ramadhan telah turun, maka puasa pada bulan ramadhan itulah yang beliau lakukan, dan beliau meninggalkan puasa Asyura’ sehingga barangsiapa yang mau (berpuasa), silahkan dia berpuasa, dan barangsiapa yang mau (tidak berpuasa), silahkan tidak berpuasa.”
dst

***

Buku Waktu-Waktu Utama Dan Ibadah-Ibadah Istimewa Cover

Buku Waktu-Waktu Utama Dan Ibadah-Ibadah Istimewa Cover 2

Buku Waktu-Waktu Utama Dan Ibadah-Ibadah Istimewa Daftar Isi

Buku Waktu-Waktu Utama Dan Ibadah-Ibadah Istimewa Isi

Related Post

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 9 =