Kitab Al-Mulakhkhosh Al-Muyassar Fin-Nahwi Wash-Shorfi

Kitab Al-Mulakhkhosh Al-Muyassar Fin-Nahwi Wash-Shorfi

Kitab-Al-Mulakhkhosh-Al-MuyKode: KT040
Rp. 13.000
Rp. 11.700 (Diskon)
Penulis: Shahih Al-Hasan Abdusy Syakur Ahmad
Penerbit: PTQA

Ukuran: 14,5 cm x 20 cm
Cover: Soft Cover
Berat: 100 Gram
Tebal: 30 halaman

Resensi:
Segala puji hanya milik Allah Rabb semesta alam dan shalawat serta salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Kitab ini: Kitab Al-Mulakhkhosh Al-Muyassar Fin-Nahwi Wash-Shorfi.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Sesungguhnya ketika Allah menurunkan kitab-Nya dan menjadikan Rasul-Nya sebagai penyampai risalah (Al-Kitab) dan Al-Hikmah (As-Sunnah) serta menjadikan generasi awal agama ini berkomunikasi dengan bahasa Arab. Maka tidak ada jalan lain dalam memahami dan mengetahui ajaran Islam kecuali dengan bahasa Arab. Oleh karena itu, memahami bahasa Arab merupakan bagian dari agama. Keterbiasaan berkomunikasi dengan bahasa Arab mempermudah kaum muslimin memahami agama Allah Ta’ala dan menegakkan syiar-syiar agama ini, serta memudahkan dalam mencontoh generasi awal dari kaum Muhajirin dan Anshar dalam keseluruhan perkara mereka.” 

Beliau rahimahullah juga berkata, “Dan sesungguhnya bahasa Arab itu sendiri bagian dari agama. Hukum mempelajarinya adalah wajib, karena memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah itu wajib, dan keduanya tidaklah bisa dipahami kecuali dengan memahami bahasa Arab. Hal ini sesuai dengan kaidah di dalam ilmu ushul fiqh: sebuah kewajiban yang tidak akan sempurna (pelaksanaannya) kecuali dengan melakukan sesuatu (yang lain), maka sesuatu yang lain tersebut hukumnya juga menjadi wajib. Namun di sana ada bagian dari bahasa Arab yang wajib ‘ain dan ada yang wajib kifayah.”

Imam Asy-Syafi’i rahimahullah mengatakan, “Maka wajib atas setiap muslim untuk mempelajari bahasa Arab sekuat kemampuannya. Sehingga dia bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah Ta’ala dan Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, dan dengannya dia bisa membaca kitabullah … “

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa bahasa Arab adalah bahasa agama Islam dan bahasa Al-Qur’an. Kita tidak akan bisa memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman yang benar dan selamat (dari penyelewengan) kecuali dengan bekal bahasa Arab. Menyepelekan dan menggampangkan bahasa Arab akan mengakibatkan lemah dalam memahami agama serta jahil (bodoh) terhadap berbagai permasalahan agama. 
Buku ini sangat mendukung dalam belajar bahasa Arab. Disusun  oleh seorang guru bahasa Arab di  Ma’had Abu Bakar As-Sidqiq Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Selamat membaca, Selamat belajar.

Semoga bermanfaat.

*****
Kitab Al-Mulakhkhosh Al-Muyassar Fin-Nahwi Wash-Shorfi 13.000 10% 11.700 PTQA cover Kitab Al-Mulakhkhosh Al-Muyassar Fin-Nahwi Wash-Shorfi 13.000 10% 11.700 PTQA isi 2 Kitab Al-Mulakhkhosh Al-Muyassar Fin-Nahwi Wash-Shorfi 13.000 10% 11.700 PTQA isi 3 Kitab Al-Mulakhkhosh Al-Muyassar Fin-Nahwi Wash-Shorfi 13.000 10% 11.700 PTQA isi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 9 =